Kursus Bisnis Online

1. Mengenal Bisnis Internet

Bisnis internet atau bisnis online kian menjadi pilihan banyak orang. Perusahaan besar dan perseorangan dengan modal terbatas juga bisa menjalankan bisnis ini. Karena memang modal yang dibutuhkan relatif kecil. Dibandingkan bila menjalankan bisnis konvensional yang relatif dengan modal besar. Seperti dalam penyewaan tempat bisnis, bisnis online cukup menyediakan website dengan biaya minimal, bahkan bisa gratis. Sehingga dari segi operasional akan lebih bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan.

Layaknya sebuah bisnis pada umumnya, bisnis internet juga harus dijalankan dengan kerja keras dan komitmen tinggi. Enaknya dengan menjalankan bisnis internet, Anda akan terhubung dengan orang di seluruh belahan dunia. Mereka semuanya bisa menjadi target pasar dan pelanggan setia produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Hampir semua produk dan jasa bisa dipasarkan lewat internet. Poin terpenting adalah anda harus memiliki website layaknya sebuah toko atau kantor untuk bisnis Anda. Sehingga dengan website ini, orang bisa menggali segala penawaran bisnis Anda. Website bisa dibangun dengan cara gratis dan berbayar. Yang harus diperhatikan adalah kelengkapan informasi produk dan jasa yang ditawarkan, berbagai nomer kontak yang bisa dihubungi, pelayanan yang prima, ketepatan pengiriman barang dan profesionalitas kerja. Selain membangun website, Anda juga bisa menjalankan promosi bisnis dengan berbagai social networking seperti facebook, twitter, istagram dan sebagainya. Buatlah website semenarik mungkin, agar orang betah berlama-lama. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula pelanggan Anda.

2.   Mulai Bisnis Internet Sekarang Juga

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangat luar biasa. Wajar bila termasuk salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Populasinya akan terus bertumbuh seiring pertambahan penduduk. Hal ini menjadi pangsa besar bagi bisnis apapun. Mengenal bisnis internet telah menjadi gaya hidup dan peluang besar yang terus berkembang.

Pengguna internet yang besar ini membuat banyak pebisnis internet yang sukses. Tak heran bila mereka masuk dalam 100 bisnis internet tersuks es di dunia. Mereka adalah bhinneka, bukalapak, tokopedia, berniaga, tokobagus dan lazada. Mereka telah membuktikan dan merasakan limpahan rezeki dalam bisnis internet.

Belanja di internet memang semakin menjadi tren dan gaya hidup orang modern. Dengan mudah mereka bisa mencari segala kebutuhan yang mereka perlukan. Berbagai varian harga dari termurah dan termahal bisa dipilih. Ditambah lagi dengan kemudahan mengakses internet dengan berbagai gadget dan biaya yang murah. Membuat pasar online, seperti bukalapak, berniaga dan tokobagus selalu kebanjiran pengunjung yang berlimpah. Kemudahan mengakses jejaring sosial juga membantu para pebisnis internet dalam memasarkan produk dan jasanya. Bisnis berjalan tanpa batasan ruang dan waktu, semuanya beroperasi 24 jam sehari.

Dengan internet, bisnis anda tak hanya dikenal di Indonesia tapi seluruh dunia. Sehingga sekecil apapun yang sedang Anda geluti, sebenarnya Anda sedang menjalankan bisnis berskala internasional. Bersiap-siaplah untuk menjadi pebisnis internet yang handal dan sukses.

3.   Berbagai Pilihan Bisnis Internet

Internet menjadi lahan bisnis yang besar. Berbagai pilihan bisnis internet bisa anda jalankan. Seperti bisnis lainnya, pengetahuan dan pengalaman atas bisnis yang dijalankan akan mempermudah kesuksesan. Bagi yang baru pilih-pilih bisnis internet yang sesuai, berikut ini beberapa jenis bisnis yang bisa dikembangkan.


1. Product Creation

Jika anda mempunyai keterampilan dan kemahiran dalam membuat produk, bisa Anda pasarkan melalui internet. Bisa juga dengan produk digital. Sehingga akan mudah dalam pengirimannya, seperti software, ebook, video training dan lain sebagainya.

2. Reseller

Anda cukup memasarkan produk orang lain. Bila ada transaksi penjualan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi. Untuk menjalankan bisnis ini tidak diperlukan modal, stok barang dan pengiriman barang. Tugas Anda hanya memasarkan produk.

3. Dropshipping

Tugasnya sama halnya dengan reseller. Kelebihannya, Anda bisa meminta produsen untuk mengirim produk atas nama toko Anda. Sayangnya, komisi yang didapatkan biasanya lebih rendah dibandingkan dengan reseller.

4. Affiliate

Bisnis ini bisa dijalankan apabila Anda memiliki sebuah situs atau blog. Dengan mencantumkan link affiliate di blog, Anda akan mendapatkan komisi jika ada pembeli yang berasal dari link blog Anda.

5. Blogging

Ngeblog tak hanya menjadi aktifitas menyenangkan, tapi bisa menghasilkan uang. Caranya dengan menyediakan ruang iklan , menyisipkan link dan menjadi publisher iklan. Tugas Anda adalah menyajikan tulisanyang menarik dan berkualitas. Sehingga banyak pengunjung di blog yang Anda kelola. Dengan begitu kemungkinan besar semakin banyak orang melihat iklan di dalamnya. Dalam bisnis ini Anda tidak akan menjual apapun. Beberapa yang bisa diikuti adalah PPC (Pay per Click), CPA (Cost per Action), CPM (Cost per Mile) dan PTR (Paid To Review).

4.   Dropshipping Alternatif Bagi Pemula

Menjalankan bisnis internet dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Tentunya bagi pemula masih bingung dalam menjalankan bisnis internet yang cocok. Sebenarnya banyak pilihan bagi pemula yang bisa dipilih, salah satunya adalah dropshipping. Dalam bisnis ini Anda akan belajar bagaimana memasarkan produk dengan baik, tanpa dipusingkan dengan pengiriman produk ke konsumen.

Mengapa harus dropshipping? Dalam bisnis ini bisa dikatakan tanpa modal dan sangat mudah dalam menjalankannya. Tentunya berbagai strategi dalam mengembangkan bisnis ini perlu Anda ketahui. Supaya mempercepat kesuksesan, sehingga waktu dan energi tak terbuang sia-sia. Kecilnya resiko akan membuat Anda lebih enjoy. 

Cara menjalankan bisnis ini sangat mudah. Anda cukup mencari produsen produk apapun yang menawarkan kerjasama dropshipping. Pilihlah produk yang Anda senangi dan kuasai. Sehingga bila ada pertanyaan dan keluhan bisa diatasi dengan benar. Berikan pelayanan yang prima, jawab segera pertanyaan dan komplain konsumen adalah poin terpenting.

Setelah itu, buatlah toko online untuk memajang barang dagangan Anda. Berikan gambar yang menarik dengan penjelasan yang le ngkap. Baik ukuran, bahan, harga atau tips lain yang mendukung produk. Dengan uraianyang komplit akan membuat konsumen tertarik dan membelinya. Karena Anda dianggap penjual yang profesional. Kelebihan dropshipping lainnya adalah Anda tidak direpotkan lagi urusan pengiriman produk. Karena produsen akan mengirimkannya ke pelanggan Anda dengan nama toko Anda. Sehingga seakan-akan produk tersebut adalah milik toko Anda.

5.   Empat Hal Komponen Memulai Dropshipping

Berbagai komponen penting dalam bisnis dropshipping perlu diperhatikan. Supaya bisnis Anda cepat berkembang dan mencapai kesuksesan. Berikut ini 4 komponen penting dalam memulai dropshipping.

1. Mindset

Menjalankan bisnis internet sama halnya dengan bisnis konvensional lainnya. Butuh kerja keras, kerja cerdas, komitmen dan profesionalitas. Dengan begitu, kesuksesan bisa cepat Anda raih. Mindset Anda juga harus disetting sebagai seorang pengusaha. Artinya berani bekerja lebih dan berinvestasi. Karena berjalan atau tidaknya bisnis tergantung pada kinerja Anda. Karena Anda bukan karyawan yang setiap bulan mendapatkan gaji.

2. Toko Online

Untuk menjalankan dropshipping, Anda wajib memiliki toko online. Karena dari s inilah Anda mengabarkan pada semua orang tentang bisnis Anda. Buatlah semenarik mungkin dan lengkapi dengan berbagai artikel yang berguna bagi pengunjung. Supaya mereka senang berlama-lama di toko online Anda.

3. Partnership

Sebelum memulai bisnis jenis dropshipping, carilah partnership yang terpercaya. Silahkan Anda berburu produk yang sesuai dan jalin kerjasama dropshipping dengan pemilik produk. Cermatlah dalam memilih partnership, supaya Anda tidak menjadi objek kemarahan konsumen atas kesalahan partnership.

4. Promosi

Jika semua komponen telah lengkap, saatnya melakukan promosi. Promosi adalah jantung bisnis Anda agar terus berjalan. Media jejaring sosial, fasiltas chatting, pasar online bisa menjadi media promosi produk Anda. Sebarkan sebanyak-banyaknya, supaya toko online Anda semakin terkenal.

Oke, cukup sampai disini dulu kursus pada kesempatan kali ini, akan lanjut pada kesempatan berikutnya. Terimakasih sudah mau mampir, jangan kapok. Rahayuu..

Artikel Bisnis Online Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Bisnis Online | Design by Bamz