TIPS SUKSES MENJALANKAN USAHA DROPSHIPPING

1.  Pelajari dan ketahui produk yang anda jual secara spesifik atau sebaiknya anda coba beli salah satu produk untuk pribadi anda. Karena ketika ada pertanyaan dari calon pembeli anda sedikit banyak bisa menjawab pertanyaan, atau juga jalin komunikasi dengan supplier agar informasi tentang produk bisa anda kuasai.

2. Buat toko online dengan website awalnya bisa dengan blog yang tentunya menarik, mudah dan seo friendly (mudah ditemukan di mesin pencari : google,yahoo dll). Atau bisa juga membuat social media seperti facebook/twitter karena lebih mudah membuatnya.

3. Tampilkan foto produk yang anda jual seperti etalase di TOKO pada umumnya (jangan lupa foto juga sesuai dengan kata kunci karena berpengaruh pada mesin pencari)

4. Respon cepat pada setiap pertanyaan calon pembeli dan cantumkan kontak secara lengkap seperti nomer handphone atau bbm bisa juga kontak lain agar cepat anda respon.

5. Layani calon pembeli dengan ramah, karena banyak juga unsur penipuan di dunia maya, maka anda harus menanamkan kepercayaan yang tinggi kepada calon pembeli (bisa anda cantumkan alamat rumah anda untuk lebih menguatkan kepercayaan calon pembeli).

6. Rajin dalam membangun jaringan bisa dengan social media atau juga iklan maupun promosi, iklan atau promosi di internet untuk menguatkan website/blog anda agar masuk dalam halaman pertama google, dan lebih banyak dikenal.

7. Jalin kerjasama dengan banyak supplier, hal ini untuk mengantisipasi apabila supplier anda kehabisan stok, jadi anda bisa menghubungi supplier anda yang lain agar calon pembeli tidak kecewa.

Mungkin ini sedikit tips dari saya, karena hal ini yang saya praktekan selama ini. Anda bisa belajar dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dari saya dan saya rekomendasikan tempat belajar yang terpercaya bisa anda KLIK DISINI atau kalau mau langsung praktek klik DISINI.

Berikut ini cara-cara yang perlu anda lakukan untuk menjalankan usaha dropshipping online :

1. Anda Perlu Melakukan Riset Produk yang Laris di Pasaran

Anda wajib melakukan riset (penelitian) untuk mencari tahu produk apa saja yang lagi laris dan banyak dicari orang. Saran saya riset bisa dilakukan dengan menggunakan google.co.id (karena anda menjual di Indonesia/lokal) , riset juga di google trends dan jangan lupa anda juga bisa riset di google keyword planner.

2. Mencari Penyedia Barang/SUPPLIER DROPSHIPPER Dengan Sistem Dropshipping

Setelah menemukan barang yang banyak dicari orang, selanjutnya anda mencari penyedia barang/supplier yang menawarkan sistem dropshipping. Hubungi dan jalin kontak person dengan pemilik barang untuk mengetahui ketersediaan barang, bagaimana pengiriman barang, jangkauan pengiriman, bagaimana melakukan transaksi, bukti transaksi yang pernah terjadi, garansi, dll. Salah satu supplier dropship yang saya rekomendasikan adalah Cakning yang menyediakan banyak item barang yang bisa anda jual di toko online anda. Sistemnya lebih canggih dan pengelolanya bisa dipercaya.

3. Membuat Toko Online (facebook,twitter,blog/website)

Setelah anda mendapatkan mitra penyedia barang (supplier dropship), selanjutnya anda membuat toko online untuk memajang spesifikasi dan foto produk yang akan anda jual, bisa melalui facebook/twitter/blog maupun website. Di Cakning disediakan website dan banyak fasilitas unggulan yang mempermudah anda membuat toko online, dan anda dibantu oleh pihak Cakning.

4. Melakukan Promosi atau Iklan Online

Agar mendapatkan pembeli maka toko online anda mesti anda  promosikan untuk mendatangkan banyak pengunjung dan calon pembeli. Anda bisa promosikan dengan metode gratis, tetapi anda juga bisa menggunakan metode berbayar untuk alasan efisiensi waktu, tenaga dan pikiran. Tetapi saya sendiri dengan melakukan SEO yang baik dan iklan yang tersegmented/terarah penjualan produk saya tetap bagus walaupun hanya dengan iklan gratis. Rekomendasi saya, anda bisa belajar di tempat yang terpercaya dan banyak ilmu yang bisa anda dapatkan.

5. Melayani Pengunjung (calon pembeli) dan Pembeli.

Saat ada pengunjung atau calon pembeli menanyakan sesuatu tentang produk jualan anda, maka anda mesti cepat menanggapi agar mereka bisa yakin dan melakukan transaksi pembelian. Jika pertanyaannya mengenai spesifikasi barang yang belum anda ketahui pasti, maka anda mesti cepat mengontak penyedia barang untuk menanyakan hal tersebut. Saat ada pembeli sudah melakukan transfer, maka anda segera mengecek kebenaran transferan mereka di rekening bank anda. Jika benar transferan sudah masuk, maka anda segera hubungi penyedia barang untuk mengirimkan barang yang dipesan dengan terlebih dahulu membayar harga yang sudah menjadi kesepakatan dengan si penyedia barang tersebut.

6. Mengecek Pengiriman Barang

Setelah penyedia barang mengirimkan baran pesanan ke alamat pembeli, anda akan mendapatkan kode nomor resi pengiriman yang segera anda sampaikan ke pembeli agar bisa mengecek atau melacak posisi barang pesanannya.

7. Meminta Testimoni Pembeli

Dan sebaiknya anda meminta dan mengumpulkan testimoni dari para pembeli anda untuk anda pajang di toko online agar bisa menjadi penambah kepercayaan bagi calon pembeli berikutnya. Jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi dengan pembeli agar mereka bisa menjadi pelanggan anda.

Sebagai pemula tidak perlu takut salah, coba saja dulu dan cari ilmu yang bisa mengembangkan usaha anda. Bila kita bandingkan dengan bisnis konvensional, bisnis online lebih murah dan resikonya pun kecil tetapi bila dilakukan sungguh-sungguh hasilnya bisa memuaskan. Sampai jumpa dipuncak kesuksesan.

YANG DIPERLUKAN DALAM MENJALANKAN USAHA DROPSHIPPING

1.      TEMPAT MEMAJANG PRODUK/BARANG YANG DIJUAL

Sebagai seorang penjual, tentu saja anda memerlukan tempat untuk memajang produk-produk anda seperti foto dan deskripsi/informasi tentang produk yang anda jual. Disini anda bisa memanfatkaan fasilitas di internet baik yang gratis maupun yang berbayar, Yang paling sederhana seperti memanfaatkan media social seperti facebook, twitter, linkedin, dll. Dan juga anda bisa membuat blog dari blogger/blogspot, blogdetik, wordpress yang menunjukkan anda bisa lebih sedikit professional atau yang umum istilahnya yaitu toko online. Tempat yang sekarang sedang trend seperti TokoBagus, Berniaga, Dinomarket, Bukalapak atau bahkan Kaskus juga bisa anda manfaatkan untuk memajang produk anda. Untuk yang berbayar anda bisa membuat website berbayar, namun dengan cara ini anda memerlukan biaya tambahan untuk membeli domain dan hosting walaupun biaya ini lebih ringan daripada anda menyewa atau membeli kios yang harganya bisa jutaan rupiah.

2.      LAPTOP/KOMPUTER & KONEKSI INTERNET

Alat ini penting anda miliki agar bisa memantau usaha anda secara online. Dengan komputer anda bisa mengedit atau menambah isi barang jualan di toko online anda. Juga dipakai untuk mengakses facebook, email, blog atau website. Tapi apabila anda belum bisa membeli laptop/computer anda tetap bisa bertransaksi dengan menyewa computer di Warnet terdekat.

3.      ALAT KOMUNIKASI

Yang pasti anda memerlukan alat komunikasi seperti ponsel (hp),atau sekarang sudah ada fasilitas bbm, whatsapp dll, atau smartphone agar anda bisa selalu berkomunikasi dengan calon pembeli maupun penyedia barang (dropshipper) anda. Alat komunikasi ini mesti anda miliki agar usaha dropshipping anda bisa berjalan lancar. Sangat dianjurkan menggunakan hp smartphone agar bisa komunikasi dengan berbagai fasilitas tersebut melalui 1 alat yaitu hp anda tersebut.

4.      MEDIA PROMOSI

Seperti halnya bisnis offline/konvensional anda memerlukan media atau sarana untuk periklanan secara online. Di sini anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis seperti iklan baris gratis, update status di facebook, promosi melalui group fb, promosi menggunakan twitter, promosi melalui forum, broadcast bbm dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa menggunakan fasilitas berbayar seperti facebook ads dan google adwords.

5.      REKENING BANK

Anda mesti memiliki rekening bank untuk menerima pembayaran dari pembeli dan membayar biaya ke penyedia barang (dropshipper). Untuk awal-awal minimal anda memiliki satu rekening bank yang memiliki fasilitas internet banking, mobile banking, dan sms banking untuk memudahkan anda melakukan pengecekan transfer/saldo, dan melakukan pembayaran/transfer ke rekening dropshipper. Umumnya bank yang digunakan seperti Bank BCA atau Bank Mandiri, anda tentu bisa menambahkan fasilitas Bank lain agar lebih memudahkan pembeli untuk mentransfer pembayaran.

6.      BUKU CATATAN

Sebaiknya anda selalu memiliki buku catatan untuk administrasi dan pencatatan data barang, nama dan alamat pembeli, barang yang dibeli, nomor resi pengiriman, tanggal transaksi, dll. Hal ini merupakan sesuatu yang sifatnya sepele tetapi manfaatnya sangat besar karena tujuannya untuk kontrol dan administrasi.

Demikian apa saja yang dibutuhkan untuk USAHA DROPSHIPPING ONLINE. Selamat berusaha dan kita jumpa di puncak kesuksesan.

ANDA INGIN BELAJAR BANYAK LAGI TENTANG USAHA DROPSHIPPING DISINI MENJELASKAN SECARA LEBIH DETAIL.( klik disini )
http://cakning.com/?sp=hayy

Artikel Bisnis Online Lainnya :

1 komentar:

Copyright © 2015 Bisnis Online | Design by Bamz