Kerja Keras Dalam Sebuah Karir

Banyak orang yang mempunyai sifat kerja keras/workaholic yang sudah menjadi kebiasaannya dalam bekerja. Namun bagi sebagian lainnya, workaholic bisa jadi  tuntutan karir yang harus dipenuhi. Sebenarnya menjadi workaholic bukanlah hal yang dilarang. Namun akan sangat disayangkan jika kebiasaan workaholic sampai mengganggu kesehatan atau sisi kehidupan yang lain.

Jika kebiasaan workaholic mulai mengganggu kesehatan dan sisi kehidupan kalian yang lain, lakukan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh All Women Stalk.

1. Tentukan batasan pekerjaan. Salah satu hal yang terpenting untuk berhenti jadi pekerja keras adalah membuat batasan antara pekerjaan dengan kehidupan. Pastikan kalian hanya bekerja pada jam kerja. Setelahnya, waktu kalian adalah untuk hal lain seperti hobi, keluarga, dan lainnya. Pastikan kalian menggunakan jam kerja seefektif mungkin. Jangan datang terlambat ke kantor dan selesaikan pekerjaan tepat waktu. Ini akan membuat kalian tak memiliki beban setelah pulang ke rumah.

2. Tidur yang cukup
Berkaitan dengan menggunakan waktu kerja seefektif mungkin, kalian juga harus menggunakan waktu istirahat dan waktu luang dengan efektif. Produktivitas saat bekerja juga dipengaruhi dengan waktu istirahat yang cukup. Pastikan kalian tidak begadang hingga larut hingga besoknya tak konsentrasi dengan pekerjaan.

3. Luangkan waktu untuk sosialisasi dengan teman
Salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk berhenti jadi workaholic adalah dengan berkumpul bersama teman. Kebanyakan orang melewatkan hal ini. Jika kalian tak bisa bertemu dengan teman setiap hari, temui mereka seminggu sekali atau dua minggu sekali. Kelilingi diri kalian dengan teman-teman yang saling mendukung dan menyenangkan. Dengan begitu, kalian telah melepas penat dari pekerjaan.

4. Temukan hobi
Menemukan hobi baru atau menekuni hobi yang sudah kalian miliki adalah langkah baik untuk bersantai setelah jam kerja yang panjang. Kalian juga bisa melakukan hobi bersama teman dan keluarga untuk sekaligus menghabiskan waktu bersama mereka.

5. Pikirkan kesehatan
Kebanyakan orang yang memiliki kebiasaan workaholic kadang tak memperhatikan kesehatan mereka. Ketahuilah bahwa kesehatan juga berpengaruh terhadap pekerjaan kalian, jadi jangan remehkan. Jika kesehatan kalian buruk, kalian juga tak bisa naik jabatan sekeras apapun kalian bekerja. Jadi, seimbangkan pekerjaan dan kesehatan diri. Jangan bekerja berlebihan dan tak memperhatikan kesehatan.

6. Habiskan waktu di alam terbuka
Menghabiskan waktu di luar rumah dan dia alam terbuka sesekali bisa menurunkan tingkat stres. Kalian juga bisa melepaskan pikiran dari pekerjaan dan tak perlu cemas. Ini bisa dilakukan setiap hari jika rumah kalian dekat dengan tempat-tempat yang masih alami dan asri.

7. Jangan buka internet
Apakah pekerjaan kalian harus menggunakan internet? Jika tidak, sebaiknya putuskan sambungan internet ketika bekerja. Ini akan membuat kalian semakin fokus bekerja dan membuat pekerjaan semakin efektif. Semakin efektif pekerjaan kalian dan semakin cepat pekerjaan selesai, kalian juga memiliki lebih banyak waktu untuk hal lainnya.

sumber: infobandung

Artikel Bisnis Online Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Bisnis Online | Design by Bamz